Minggu, 04 Agustus 2013

Dialog: Setahun Diskusi Puisi PKKH UGM (Kumpulan Puisi)


Judul: Dialog: Setahun Diskusi Puisi PKKH UGM
Penulis: Indrian Koto, Iman Budhi Santosa, Tia Setiadi, Sutirman Eka Ardhana, Mutia Sukma, Hamdy Salad, Ulfatin Ch, Mustofa W. Hasyim, Agus Manaji, Komang Ira Puspitaningsih, Otto Sukatno CR, Kedung Darma Romansha, Joko Pinurbo.
Penerbit: FIB UGM dan Gress Publishing, Yogyakarta
Tahun: 2013
Isi:  xiv + 382 hlm
Tebal: 14,8 x 21 cm

ISBN: 978-602-96825-2-6

Harga: Rp. 25.000

Sehabis diskusi, lahirlah sebuah dokumentasi. Hal ini jarang dilakukan oleh komunitas penyelenggara acara sastra, dan itu pula yang dilakukan oleh panitia diskusi puisi yang diselenggarakan mahasiswa sastra S2 UGM yang diadakan Pusat kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri sejak setahun belakangan. Setelah terjadi 12 diskusi+1 diskusi yang diadakan komunitas Ro Kancane, mereka kemudian melahirkan sebuah buku berjudul Dialog, Setahun Diskusi Puisi PKKH UGM. Acara yang diselenggarakan setiap bulan ini memiliki konsep “mempertemukan penyair tua-muda”. Setiap diskusi ada dua pembicara, satu orang dari seniman dan satu orang lain dari akademisi sastra/mahasiswa yang sebagain besar juga perupakan penyair dan memerhati puisi. Jika ditotal, ada 13 kali diskusi masing-masing menampilkan penyair dan dua pembicara serta pancingan singkat yang ditulis oleh Faruk H.T.

Pada awalnya, PKKH (Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri) adalah sebuah forum yang memfasilitasi adanya pertemuan antara seni dan sastra di Yogyakarta dengan harapan keduanya dapat saling memberi inspirasi dalam perkembangan seni dan sastra di Yogyakarta. Namun, karena persoalan-persoalan teknis, PKKH kemudian dipersempit wilayahnya, yakni membincangkan sastra saja. Buku Dialog: Setahun Diskusi Puisi ini dimaksudkan untuk menjadi momentum setelah berhasil melewati masa satu tahun kegiatan diskusi sastra, khususnya puisi, di PKKH UGM.

Buku ini berisi puisi para penyair serta makalah para pembedahnya serta ulasan singkat dari Faruk. Usaha dokumentasi ini mereka lakukan sejak awak dengan menerbitkan dalam cetakan sederhana setiap diskusi akan berjalan. Inilah daftar mereka yang pernah mendiskusikan/didiskusikan karya mereka lengkap dengan puisi serta esai pembandingnya: Agus Manaji, Ahmad Fathoni, Alvi Puspita, Burhan Kadir, Chris Woodrich, Faruk Tripoli, Hamdy Salad, I MadeAstika, Iman Budhi Santosa, Indrian Koto,  Joko Pinurbo, Joko Santoso, Kedung Dharma Romansha, Komang Ira Puspitaningsih, Mashuri, Muh. Khairussibyan, Mustofa W. Hasyim, Mutia Sukma, Otto Sukatno CR, Pinto Anugrah, Retno Iswandari, Saeful Anwar, Slamet Wahedi, Suharmono Arimba, Sutirman Eka Ardhana, Tia Setiadi, TS Pinang, Ulfatin Ch.

Buku ini merangkum puisi-puisi yang diulas dalam setiap pertemuan di PKKH. Menariknya, para penyair dalam buku ini saling memberi ulasan terhadap karya-karya penyair lain. Dengan demikian, iklim dialogis dan saling apresiasi terhadap karya-karya orang lain akan sama-sama memberi manfaat, tidak hanya bagi penyair itu sendiri, melainkan pula bagi para pembaca pada umumnya. Sebuah dokumentasi yang patut dimiliki!

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di JUAL BUKU SASTRA  - Pembayaran: BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets