Selasa, 27 Desember 2016

Tahun Baru di JBS (Jual Buku Sastra) #4: Apa Serunya?

Tahun Baru di JBS #4-teraSeni
Tahun Baru di JBS Season 4

TeraSeni - Merayakan Tahun Baru di Yogyakarta, tidak hanya bisa dirayakan di obyek-obyek wisata saja, namun juga dapat mengunjungi ruang-ruang alternatif lainnya, misalnya berkunjung ke toko buku Jual Buku Sastra (JBS). Jual Buku Sastra adalah toko buku yang menjual buku sastra, khususnya buku sastra indie, maupun buku sastra yang sudah tidak tersedia di toko buku, serta buku sosial-budaya. Selain menjual buku secara online di jualbukusastra.com, JBS juga punya toko offliner yang biasa disebut 'KedaiJbS', yang sekaligus menjadi ruang pertemuan para penulis, pecinta buku dan menjadi ruang diskusi mengenai fenomena serta kelahiran buku baru.


Setiap akhir tahun JBS mengadakan pameran buku tahunan bertajuk 'TahunBarudiJBS,' yang pada akhir tahun ini diselenggarakan dari tanggal Kamis 29 Desember 2016 hingga Senin, 2 Januari 2017, pukul 10.00-20.30 WIB di Kedai JBS, Jalan Wijilan, Gang Semangat no 150, Alun-alun Utara, Yogyakarta (Belakang Gudeg Yu Djum, Kompek Gudeg Wijilan). Penyelenggaraan 'TahunBarudiJBS' tahun ini merupakan yang keempat kalinya. Pameran tersebut menghadirkan diskon buku hingga 70%, sehingga dapat dipastikan seluruh buku yang pada hari biasa dijual dengan harga reguler, dijual dengan harga diskon. Harga mulai dari Rp.10.000,00.

Tahun Baru di JBS #4-teraSeni
Diskusi bersama Gunawan Maryanto
dan Joko Pinurbo
di TahuanBarudiJBS #3
(Foto: Doni Martha)
Ada puluhan penerbit yang terlibat dalam pameran 'TahunBarudiJBS' kali ini, baik penerbit umum maupun penerbit indie. Sebagian besar buku yang ditawarkan adalah buku sastra. Tapi tidak saja berisikan pameran buku, pada sore hari hadirin 'TahunBarudiJBS' dapat menikmati hiburan berupa musik dan pertunjukkan sastra serta diskusi karya sastra. Rangkaian acara tersebut masih dilengkapi dengan beberapa acara lain, berupa workshop menulis esai dan puisi, diskusi mengenai sastra terjemahan dan peta penerbit di Jogja, serta launching beragam buku sastra.


Tahun Baru di JBS #4-teraSeni
Para peserta dalam keseruan diskusiTahuanBarudiJBS #3
(Foto: Doni Martha)
Pada penyelenggaraan yang ke empat ini 'TahunBarudiJBS' mengundang puluhan penulis yang terlibat dalam berbagai rangkaian acara, mulai dari worshop, diskusi, launching buku, moderator, dan pembacaan karya. Workshop kepenulisan esai akan berlangsung bersama Muhidin M Dahlan, sedang workshop menulis puisi akan diisi oleh Hasta Indriyana. Launching buku sastra, yang terdiri dari puisi, cerpen, novel, jurnal puisi, karya terjemahan akan menghadirkan belasan penulis, di antaranya: Abu Wafa, Andy S Wahyudi, Aik Vela, An Ismanto, Astrajingga Asmasubrata, Berto Tukan, Dian Savitri, Hasta Indriyana, Hendrawan S. Thayf, Latief S. Nugraha, Mira MM Astra, Moh Syarir Hidayatulah, Muhammad Ali Fakih, Nunung Deni Puspitasari, Nurul Hanafi, Risda Nur Widia, S. Arimba, dan Zulkifli Songyanan.

Tahun Baru di JBS #4-teraSeni
Bernard Batubara Membaca Puisi
di TahuanBarudiJBS #3
(Foto: Doni Martha)
Sementara itu diskusi mengenai dinamika penerbit Jogja akan diisi oleh Adhe, dan Eka Pocer serta Buldanun Khairi di mana ketiganya adalah pelaku dunia perbukuan di Yogjakarta yang pernah bergerak di industri penerbitan mayor maupun indie. Sementara untuk diskusi seputar pengalaman menterjemahkan karya akan hadir Tia Setiadi serta Chris Woodrich. Untuk menyemarakkan diskusi dan launching buku para moderator yang teribat terdiri dari sastrawan muda yang tinggal di Jogja. Mereka di antaranya adalah: Asef Saiful Anwar, Dahlia Rasyad, Fairuzuk Mumtaz, Irwan Bajang, Prima Suilistya Wardhani, Rozi Kembara dan Sedopati Sukandar. Sementara untuk MC di beberapa sesi akan dipandu oleh Ofix Okemix.
Tahun Baru di JBS #4-teraSeni
Suasana Pameran
di TahuanBarudiJBS #3
(Foto: Doni Martha)
Rangkaian acara workshop diadakan jam 13.00 WIB pada 30 Desember 2016 dan 2 Januari 2017. Launching buku diadakan setiap jam 16.30 WIB, sementara untuk sesi diskusi akan berlangsung pada jam 18.20 WIB. Pameran buku sendiri diadakan setiap hari mulai jam 10.00-20.30 WIB, yang akan diikuti oleh puluhan penerbit indie dan penerbit reguler lainnya yang juga menerbitkan karya sastra. Ada pun acara lainnya adalah seni pertunjukan, baik saat pembukaan maupun penutupan acara ataupun di sela-sela acara yang lain. Para pengisi acara di antaranya adalah: Alif Rahmadani, Andy SW, Gunawan Maryanto, Iqbal H. Saputra, Kedung Dharma Romansha, Kelompok Hidup, Maharani Khan Jade, Misbah, Raedu Basha, Reddy Suzayzt, Retno Iswandari, Sasmita Serta Yulionooo Singsoot.

Tahun Baru di JBS #4-teraSeni
Diskusi buku puisi Yopi Setia
Umbara dan Nisa Rengganis bersama
Dea Anugrah di TahuanBarudiJBS #3
(Foto: Doni Martha)
Jangan lupa, selama acara berlangsung akan ada banyak 'kadobuku' untuk pengunjung. Seluruh rangkaian acara nantinya akan disiarkan secara live oleh radiobuku.com dan bisa diikuti d twitter/IG @jualbukusastra dan FB jual buku sastra. Di ketiga media online tersebut juga menyediakan 'kadobuku' untuk foto yang dishare selama event berlangsung. Dan apabila ada peserta di luar Yogyakarta yang berminat untuk membeli buku-buku yang terdapat di pameran, buku dapat dibeli melalui website www.jualbukusastra.com. Penjualan online akan diadakan selama pameran berlangsung. Informasi dan kerjasama bisa menghubungi 0818-0271-7528, atau (0274) 2872022.

Nah, kurang seru bagaimana lagi?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets