Jumat, 13 Februari 2015

Lambung Pagi, Kumpulan Puisi Heri Maja Kelana




Judul: Lambung Padi
Penulis: Heri Maja Kelana
Penerbit: Asasupi, Bandung
Tahun Terbit: Maret 2013
Tebal Buku: 102 halaman
Harga: 45.000


Buku Lambung Padi ini adalah antologi puisi karya Heri Maja Kelana, seorang sastrawan kelahiran Majalengka yang kini menjabat sebagai Ketua Pusat Kajian Sastra Institut Cikalong. Buku ini dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama bertajuk Kitab Kekecewaan Lelaki yang berisi 14 sajak. Bagian kedua bertajuk Lambung Padi berisi 25 sajak. Pada bagian pertama penulis membubuhkan pengantar yang berjudul Lambung Padi dan Heri. Di dalam pengantar, penulisnya mengartikan lambung sebagai pusat berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh, sedangkan padi diartikan sebagai pusat budaya yang memunculkan narasi-narasi besar.
Oleh karenanya, menurut si penyair, lambung dan padi dapat mewakili perkawinan sosial, moral, mitos, legenda, dongeng dan lain-lain. Oleh karenanya tidaklah heran jika tema sajak-sajak Heri yang terkumpul dalam antologi puisi ini bergalur di sekitar legenda, mitos, dongeng, moral dan dimensi sosial manusia. Dengan gaya ungkap liris, Heri menelusuri legenda, mitos, moral dan dimensi sosial manusia secara jalin-kelindan dengan pengalaman dan penghayatan hidup manusia. Tidak mungkin bagi pembaca untuk dapat membacanya dengan seksama tanpa mengenal legenda, mitos, moral dan dimensi sosial yang disodorkan oleh Heri. Tidak mungkin juga bagi pembaca untuk dapat membacanya dengan seksama tanpa “menecah” silang-sengkarut tanda, metafor, simbol dalam larik dan baris sajak Heri. (Fakih)

 

Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets