Senin, 13 Oktober 2014

Sisi-sisi yang menghidupkan, Novel Gallang Riang Gempita




Judul: Sisi-Sisi yang Menghidupkan
Penulis: Gallang Riang Gempita
Penerbit: Framepublishing, Yogyakarta
Tahun Terbit: Maret 2014
Tebal Buku: xxiii + 264 halaman
Harga: 35,000


Luar biasa, novel Sisi-Sisi yang Menghidupkan ini ditulis oleh seorang siswi SMA berumur 18 tahun. Dan lebih luar biasa lagi, novel ini adalah karya novel keduanya, setelah The Way You Look at Me (Framepublishing, 2012). Dan memang, dua novelnya ini merupakan seri dari sebuah trilogi yang direncanakan oleh penulisnya. Berbeda dengan The Way You Look at Me yang memuat tokoh utama Pyrrha dan Kinan, Sisi-Sisi yang Menghidupkan menceritakan kisah tokoh utama Hawa, Natha, Khessar dan Adam Raditya, kembaran Hawa. Mereka dipertemukan oleh tali persahabatan. Hawa yang pelukis bersahabat dengan Pyrrha yang juga pelukis oleh Natha dan Kinan (suami Pyrrha). Natha dan Kinan rekan bisnis. Pyrrha mengajak Hawa ke suatu tempat, mengenang masa lalunya – sebuah flash-back cerita yang kaya.
Namun sebenarnya fokus utama novel ini adalah Adam Raditya, sosok yang filosofis, sosok yang seperti khayalah dari Hawa, semacam permainan imajinasi yang obsesif dari cinta yang platonik. Tetapi Adam ada dan bertemu dengan Khessar, sosok yang cerdas otak kirinya, di Ubud untuk memenuhi undangan Mr. Zanfree. Dan ternyata Adam pun menyukai Hawa. Sosok Adam yang antara ada dan tidak ada demikianlah letak keunikan novel ini. Di luar semua itu, ini memang novel remaja, tetapi novel remaja yang tidak biasa. Temanya tentang cinta, tetapi percintaan yang “dewasa” dan mendalam. Jika novel remaja memakai bahasa pop, bahasa novel ini penuh metafor, lincah dan menggugah. Jika novel remaja biasanya berlatar sekolah, kampus, mall, kamar di mana ruang itu hanya sekedar tempelan, novel ini mengambil latar yang lebih luas di mana tokoh-tokohnya akrab dengan sekitar, sehingga perabot, lorong, dinding, lantai keramik dan lain-lain menjadi tema percakapan yang menarik.
Untuk pemesanan buku ini, silahkan sms ke 081802717528. Untuk pemesanan buku-buku yang lain silahkan lihat di http://jualbukusastra.blogspot.com BNI UGM 0117443522 a.n. Indrian Toni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets