Minggu, 28 Oktober 2012

Rumahlebah ruangpuisi 03: Oto-Puisi


Judul               : rumahlebah ruangpuisi 03: Oto-Puisi
Pengarang       : Afrizal Malna, Abu Mufakhir, Dea Anugrah, dkk.
Tebal               : 250 hlm.
Ukuran             : 14 x 20,5 cm
Penerbit           : Komunitas Rumahlebah Yogyakarta & Framepublishing
Tahun terbit     : Oktober, 2012
ISSN               : 2085-0999

Harga              : 45.000


rumahlebah Ruangpuisi merupakan sebuah jurnal puisi yang diterbitkan secara periodik oleh komunitas Rumahlebah bekerjasama dengan penerbit Framepublishing, berisi puisi-puisi penyair Indonesia, puisi terjemahan, esai tentang puisi, wawancara penyair hingga resensi buku puisi. Pada edisi ketika ini ruangpuisi merubah sedikit konsep isi yaitu memberi tema pada terbitannya. Tema pada edisi ini adalah oto-puisi, artinya penyair dalam karyanya juga memiliki unsur-unsur historis pribadinya yang tertuang dalam puisi. Dengan demikian puisi barangkali juga bisa dibaca sebagai sebuah biografis. 

Terkait dengan temah rumahlebah ruangpuisi 03:oto-puisi, tema tersebut juga berhubungan dengan isi. Dengan memberi tema, redaksi juga menampilkan dan memberi ruang yang sukup signifikan bagi seorang penyair. Dalam oto-puisi, Afrizal Malna menulis puisi-puisi biografis dan esai biogfaris yang disebut Oto-Puisi. Puisi-puisi tersebut oleh Afrizal malna merupakan sebuah balada biografis yang akan direncanakan terbit dengan judul Tepuk Tangan di Balik Pagar.

Selain memberikan ruang pada Afrizal Malna dengan tema oto-puisi, rumahlebah ruang puisi 03 juga memuat puisi sejumlah penyair lain. Dalam edisi ini bisa ditemukan puisi-puisi Fahmi Faqih, Dea Anugrah, Riki Dhamparan Putra, Sarabunis Mubarak, Faisal Kamandobat, A. Hamzah Fansuri B., Restu Ashari Putra, Dwi S. Wibowo, dan Abu Mufakhir. Selain esai-biografis Afrizal Malna jug ada esai Tjahjono Widijanto. Seperti biasa rumahlebah ruangpuisi 03 juga memiliki puisi-puisi terjemahan di antaranya Fadwa Tuqan, Janus Pannonius, nazik Al-Malaikah, serta esai terjemahan dan pengantar dari penerjemah. Di luar itu juga terdapat wawancara dan resensi.

Rumahlebah ruangpuisi 03 agak istimewa. Selain tema yang menarik ruangpuisi 03 juga lebuh tebal drai biasanya dengan cover yang cukup berbeda. Miliki edisi 03 ini sekarang yang hanya bisa dipesan di Jualan Buku Sastra. Silahkan hubungi 081802717528. Lihat daftar buku kami lainnya di http://jualbukusastra.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets