Rabu, 12 Desember 2012

Surat-surat Kepada Penyair Muda dan Sejumlah Sajak, Rainer Maria Rilke

Judul                : Surat-surat Kepada penyair Muda dan Sejumlah Sajak
Pengarang       : Rainer Maria Rilke
Penerjemah     : Tia Setiadi
Tebal                 : 116 hlm
Ukuran             : 12,5x19cm
Penerbit           : MK Book
Tahun terbit    : Desember, 2012
ISBN               : -

Harga              : 30.000

Surat-surat Kepada Penyair Muda adalah karya monumental seorang penyair Austria yang bohemian, seorang penyair terpenting yang menulis dalam bahasa Jerman: Rene Karl Wilhelm Johann Josef Maria Rilke alias Rainer Maria Rilke. Karya ini begitu disebut-sebut namun nyaris tak ada buku dalam bahasa Indonesia yang bisa dicari sekarang yang berisi kumpulan surat-surat Rilke ini.

Karya dalam bahasa Inggris Letters To A Young Poet ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Tia Setiadi, dengan ditambahkan dua buah karya puisi panjang dan berupa soneta dengan judul Surat-surat Kepada Penyair Muda dan Sejumlah Sajak. Artinya, inilah buku satu-satunya yang memuat surat-surat Rilke secara lengkap, ditambah pula karya puisi dari penyair ini.

Surat-surat Kepada Penyair Muda dan Sejumlah Sajak selayaknya menjadi bacaan pembuka bagi penyair muda yang tumbuh di tengah panggung sastra yang padat-ramai. Meski bukan sebagai buku panduan atau penuntun, buku yang lahir seabad yang lalu ini tetaplah sebuah cermin untuk melihat kondisi kesusasteraan yang tidak pernah berubah dari tahun ke tahun.

Ada 10 surat yang ditulis Rainer Maria Rilke yang ditujukan pada Franz Kappus, yang bisa jadi adalah para penyair muda di mana pun di seluruh dunia. Surat-surat yang memiliki kedalaman, yang kita nyaris kehilangan kata ‘surat’ sebagai generasi terkini dari kesastraan Indonesia maupun dunia.  Buku yang covernya digarap oleh Sunlie Thomas Alexander ini adalah sebuah buku yang cukup lengkap untuk melihat surat-surat Rilke yang foenomenal, dan melihat puisi-puisi yang ditulis seabad lampau ini.

Buku ini diterbitkan oleh MK Book. Bersamaan dengan Buku Surat-surat Kepada Penyair Muda dan Sejumlah Sajak karya Rainer Maria Rilke ini, juga diterbitkan karya monumental Arthur Rimbaud, Semusim di Neraka. Kedua buku ini bisa dipesan bersamaan dengan harga yang lebih murah yakni 50.000. Buku yang hanya bisa dipesan di Jualan Buku Sastra ini, cara mendapatkannya adalah dengan SMS dengan format: NAMA <spasi>KOTA TINGGAL<spasi> Judul buku, kirim ke 081802717528.

Buku ini hanya dicetak 300 eksemplar, dan hanya bisa dipesan di Jualan Buku Sastra!

2 komentar:

Blogger Widgets